Senin, 06 November 2017

KISI KISI UTS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

KISI-KISI UTS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
SOAL:
  1. Jelaskan manfaat sistem informasi manajemen dalam bidang pemasaran
  2. Apa yang kamu ketahui tentang Sisitem Informasi Manajemen ? dan mengapa Sisitem Informasi Manajemen sangat berperan penting dalam sebuah manajemen ?
  3. Jelaskan sejarah Sisitem Informasi Manajemen ekstensinya saat ini dan perkembangan masa depan
  4. Apa keuntungan dan kerugian dari pengggunaan Sisitem Informasi Manajemen bagi sebuah perusahaan ! sebut dan jelaskan !
  5. Komponen apa saja yang diperlukan dalam Sisitem Informasi Manajemen
  6. Jelaskan bagaimana hubungan Sisitem Informasi Manajemen dan fungsi manajemen ?
  7. Mengapa dikatakan Sisitem Informasi Akuntansi sebagai bagian terbesar dari Sisitem Informasi Manajemen
  8. Jelaskan manfaat Sisitem Informasi Manajemen untuk suatu perusahaan ?
  9. Kualitas suatu sistem dipengaruhi oleh 3 hal , relevancy, accurancy dan time lines. Jelaskan 3 hal tersebut !
JAWABAN
1)      Adapunn manfaat sistem informasi manajemen dalam bidang pemasaran adalah sebagai berikut:
  • Agar eksekutif dapat menerima laporan lebih sering dan lebih rinci
  • Mampu menyimpan data dan memaparkannya kembali sehingga memungkinkan terkumpulnya dan terpakainya beragam data yang lebih luas
  • Memudahkan manajemen untuk memonitor dengan lebih rinci prestasi produk, pasar, karyawan penjualan dan berbagai unit pemasaran lainnya  
  • Menyediakan arus informasi yang lebih lengkap, lebih murah dan lebih cepat untuk manajemen dalam mengambil keputusan
2)      Sistem manajemen informasi adalah : Jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam suatu sistem ( terintegrasi ) dengan maksud memberikan informasi ( yang bersifat intern dan ekstern ) kepada manajemen sebagai dasar pengambilan keputusan. Karena sistem informasi manajemen memiliki peran penting dalam perusahaan sebagai penunjang bisnis operasional ,menunjang manajemen dalam pengambilan keputusan dan menunjang keunggulan strategi kompetetif organisasi.
3)       Konsep sistem informasi telah ada sebelum munculnya komputer. Sebelum pertengahan abad ke-20, pada masa itu masihdigunakan kartu punch, pemakaian komputer terbatas pada aplikasiakuntansi yang kemudian dikenal sebagai sistem informasi akuntansi. Aplikasi akuntansi yang berbasis komputer tersebut diberi nama pengolahan data elektronik (PDE).
Pada tahun 1964, komputer generasi baru memperkenalkan prosesor baru yang menggunakan silicon chip circuitry dengan kemampuan pemrosesan yang lebih baik. Untuk mempromosikan generasi komputer tersebut, para produsen memperkenalkan konsep sistem informasi manajemen dengan tujuan utama yaitu aplikasi komputer untuk menghasilkan informasi bagi manajemen.
SIM terus berkembang, Morton, Gorry, dan Keendari Massachussets Institute of Technology (MIT) mengenalkan konsepbaru yang diberi nama Sistem Pendukung Keputusan (Decision SupportSystems - DSS).
Perkembangan yang lain adalah munculnya aplikasi lain, yaitu Otomatisasi Kantor (office automation - OA), yang memberikan fasilitas untuk meningkatkan komunikasi dan produktivitas para manajer dan staf kantor melalui penggunaan peralatan elektronik.
Belakangan timbul konsep baru yang dikenal dengan nama Artificial Intelligence (AI), sebuah konsep dengan ide bahwa komputer bisadiprogram untuk melakukan proses lojik menyerupai otak manusia.
Semua konsep di atas, baik PDE, SM, OA, DSS, EIS, maupun AImerupakan aplikasi pemrosesan informasi dengan menggunakankomputer dan bertujuan menyediakan informasi untuk pemecahanmasalah dan pengambilan keputusan (Sutono, 2007).
4)      Keuntungan dari pengggunaan Sisitem Informasi Manajemen bagi sebuah perusahaan adalah sebagai berikut:
  • Meningkatkan efisiensi operasional. Investasi di dalam teknologi sistem informasi dapat menolong operasi perusahaan menjadi lebih efisien. Efisiensi operasional membuat perusahaan dapat menjalankan strategi keunggulan biaya (low-cost leadership). Dengan menanamkan investasi pada teknologi sistem informasi, perusahaan juga dapat menanamkan rintangan untuk memasuki industri tersebut (barriers to entry) dengan jalan meningkatkan besarnya investasi atau kerumitan teknologi yang diperlukan untuk memasuki persaingan pasar.
  • Memperkenalkan inovasi dalam bisnis. Misalnya penggunaan ATM (automated teller machine) dalam perbankan merupakan contoh yang baik dari inovasi teknologi sistem informasi. Dengan adanya ATM, bank-bank besar dapat memperoleh keuntungan strategis melebihi pesaing mereka yang berlangsung beberapa tahun. Penekanan utama dalam sistem informasi strategis adalah membangun biaya pertukaran(switching costs) ke dalam hubungan antara perusahaan dengan konsumen atau pemasoknya.
  • Membangun sumber-sumber informasi strategis. Teknologi sistem informasi memampukan perusahaan untuk membangun sumber informasi strategis sehingga mendapat kesempatan dalam keuntungan strategis.
  • Kerugian dari pengggunaan SIM bagi sebuah perusahaan :
  • Dapat memberikan dampak bagi lingkungan sosial seperti pengurangan tenaga kerja, sehingga dapat menambah angka pengangguran.
  • Adanya SIM tersebut membuat ketergantungan manusia terhadap SIM tersebut, sehingga mengesampingkan rasionalitas manusia itu sendiri.
5)      Komponen Sistem Informasi Manajemen Secara Fungsional adalah sebagai berikut  :
·         Sistem Administrasi dan Operasional
·         Sistem Pelaporan Manajemen
·         Sistem Database
·         Sistem Pencarian
·         Manajemen Data
Komponen Sistem Informasi Manajemen Secara Fisik adalah sebagai berikut :
·         Perangkat keras
·         Perangkat lunak
·         DataBase
·         Prosedur pengoperasian
·         Personalia pengoperasian
6)      Sistem informasi manajemen adalah sebuah perpaduan antara sumber daya manusia dengan sumber daya berbasis komputer untuk menghasilkan penyimpanan untuk tujuan operasi manajemen yang efisien serta perencanaan bisnis. Ada empat fungsi manajemen. Pertama adalah perencanaan. Dalam fungsi ini, manajer harus membuat perencanaan sebuah bisnis. Seperti kita tahu bahwa untuk memulai suatu bisnis sangat diperlukan sebuah perencanaan. Seorang manajer harus membuat sebuah perencanaan dengan matang. Pengorganisasian adalah fungsi manajemen yang kedua. Dalam kasus ini manajer harus mendistribusikan wewenang dengan benar. Semua harus sesuai dengan porsinya. Pekerjaan dan sumber daya manusia juga harus didistribusikan dengan benar. Jangan sampai orang yang tidak berkompeten menangani bidangnya. Ketiga adalah kepemimpinan. Seorang manajer diwajibkan untuk memiliki jiwa kepemimpinan. Manajer harus melakukan pengarahan atau koordinasi sebelum memulai pekerjaan. Hal ini untuk meminimalisir kesalahan dalam pekerjaan. Pengendalian adalah fungsi manajemen terakhir. Pengendalian disini maksudnya adalah seorang manajer harus mengontrol pekerjaan para karyawan. Hal ini memudahkan manajer untuk mengetahui sejauh mana pekerjaan dari karyawan tersebut.
7)      Sistem Informasi Akuntansi dikatakan sebagai bagian terbesar dari Sistem Informasi Manajemen karena Sistem Informasi Akuntansi ini berada di berbagai bidang operasional manajemen organisasi. Sehingga Sisten Informasi Akuntansi dapat juga didefinisikan sebagai kumpulan dari subsistem-subsistem yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mengolah data keuangan menjadi informasi keuangan yang diperlukan oleh manajemen dalam proses pengambilan keputusan di bidang keuangan.
8)      Manfaat Sisitem Informasi Manajemen untuk suatu perusahaan adalah sebagai berikut :
·         Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
·         Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
·         Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
·         Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
·         Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
·         Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.
·         Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.
·         Organisasi menggunakan sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.
·         Bank menggunakan sistem informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai laporan rekening koran dan transaksi yang terjadi
9)     Pengertian dar relevancy, accurancy dan time lines adalah sebagai berikut :
  • Relevancy (relevan) Informasi dikatakan berkualitas jika relevan bagi pemakainya. Pengukuran nilai relevansi, akan terlihat dari jawaban atas pertanyaan “how is the message used for problem solving (decision masking)?”Informasi akan relevan jika memberikan manfaat bagi pemakainya.
  • Accurancy (akurasi) Sebuah informasi dapat dikatakan akurat jika informasi tersebut tidak bias atau menyesatkan, bebas dari kesalahan-kesalahan dan harus jelas mencerminkan maksudnya.
  • Timeliness (tepat waktu) Bahwa informasi yang dihasilkan dari suatu proses pengolahan data, datangnya tidak boleh terlambat (usang). Informasi yang terlambat tidak akan mempunyai nilai yang baik, sehingga kalau digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan dapat menimbulkan kesalahan dalam tindakan yang akan diambil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar